22 Februari 2023

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.1

 

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.1

OLEH : KHUSTYAWAN EKA PUTRA HANDANA

 

1.     Apa yang anda pahami mengenai Pembelajaran Berdiferensiasi?

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memberikan kebebasan pada murid untuk meningkatkan potesi dalam dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa tersebut. Pembelajaran Berdiferensiasi bisa dikatakan juga sebagai pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan murid.

2.     Mengapa kita melakukan Pembelajaran Berdiferensiasi?

a.      Tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas

b.     Merespon kebutuhan belajar murid

c.      Lingkungan belajar yang ‘mengundang” murid untuk belajar

d.     Manajemen kelas yang efektif

e.      Penilaian berkelanjutan

3.     Apa saja strategi Pembelajaran Berdiferensiasi?

a.      Diferensiasi Konten (terkait apa yang kita ajarkan pada murid)

b.     Diferensiasi Proses (mengacu pada bagaimana murid memahami materi)

c.      Diferensiasi Produk (terkait bkti yang menunjukkan apa yang murid telah pahami)

4.     Untuk menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi, guru terlebih dahulu memetakan kebutuhan belajar murid. Kebutuhan belajar murid diantaranya adalah :

*    Kesiapan Belajar (Kesiapan belajar/readiness adalah kapasitas untuk mempelajari materi baru)

*    Minat Belajar (Minat adalah salah satu motivator penting bagi murid untuk dapat “terlibat aktif” dalam proses pembelajaran)

*    Profil Belajar (merupakan pendekatan yang disukai murid untuk belajar, yang dipengaruhi oleh gaya berpikir, kecerdasan, budaya, latar belakang, jenis kelamin, dll)

KONEKSI ANTAR MATERI

Pembelajaran berdiferensiasi, kaitannya dengan Filosofi Pendidikan KHD

Filosofi pembelajaran KHD menegaskan bahwa Pendidikan harus berpihak pada murid. Hal ini selaras dengan pembelajaran berdiferensiasi, dimana pembelajaran berorientasi kepada kebutuhan murid.

Pembelajaran berdiferensiasi, kaitannya dengan nilai dan peran guru penggerak

Dalam memetakan kebutuhan belajar murid, guru harus memiliki nilai reflektif terhadap proses pembelajaran yang sudah dilaluinya bersama murid; harus inovatif membuat media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan murid; harus mampu berkolaborasi dengan murid, sesame guru dan iorang tua untuk mendapatkan informasi tentang karakter belajar murid.

Pembelajaran berdiferensiasi, kaitannya dengan Visi Guru Penggerak

Guru penggerak memiliki visi untuk melakukan perubahan positif pada pembelajaran yang berpihak pada murid. Melalui strategi pendekatan Inquiry Apresiatif, guru akan menemukan kekuatan yang dimilikinya untuk mewujudkan Visi tentang murid impiannya.

Pembelajaran berdiferensiai , kaitannya dengan Budaya Positif

Dalam pembelajaran berdiferensiasi, guru memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk atmosfer lingkungan yang positif. Lingkungan yang positif terwujud karena adanya budaya positif yang lahir dari disiplin internal dalam komunitas belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.1

  PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERBASIS NILAI-NILAI KEBAJIKAN SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJAR   OLEH : KHUSTYAWAN EKA PUTRA HANDANA   Menjadi...